Horizontal menu

Sabtu, 28 Desember 2013

Sukses Menempuh Ujian dengan IQ, EQ dan SQ





Ujian biasanya merupakan momok paling menakutkan bagi sebagian orang, apalagi dengan mata pelajaran atau mata kuliah yang mereka rasa sulit untuk dipelajari. Segala cara pun dihalalkan ketika ujian dan diri sudah tidak mampu untuk menerima ilmu tersebut, seperti mencontek. Tentu saja ini sudah bukan hal yang bagus untuk kedepannya, ibarat efek domino, sekali mencontek kedepannya akan mencontek juga, berkelanjutan.

Di dunia ini, ada yang dinamakan IQ atau Kecerdasan intelektual, EQ atau kecerdasan Emosional dan SQ atau sering disebut Kecerdasan Spiritual. Ketiga elemen ini ketika seimbang akan membentuk suatu pribadi individu yang baik, mampu bersaing secara intelektual namun bisa menjaga emosi serta dilindungi oleh kekuatan diri secara spiritual. Namun ketika ada salah satu elemen yang mungkin lebih bisa anda kuasai namun yang lainnya malah anda abaikan ini takkan baik bagi diri anda sendiri. 

Misalkan anda mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi di banding teman sekampus anda, IP selalu berada diatas 3 namun ketika ada teman yang ingin bertanya kepada anda, anda tidak mau membantu dan menjelaskan. Dipikiran anda mereka hanyalah orang-orang yang akan mengganggu kesuksesan anda di semester selanjutnya. Bisa dilihat bahwa IQ anda memang tinggi namun itu tidak berarti  jika SQ dan EQ anda hanya dibawah IQ anda.

ilustrasi IQ,EQ dan SQ
Balik lagi ke awal, ketika mencontek, itu berarti anda sudah berada pada keadaan tidak percaya diri, tidak ada persiapan dan kurangnya keyakinan dalam diri. Kecerdasan Manusia di ciptakan sama oleh sang pencipta, hanya 42% yang dibawa dari lahir, sementara sisanya 58% merupakan hasil dari proses belajar (Anonim, 2013).

Mencontek merupakan tanda ketidakpercayaan diri terhadap kemampuan diri sendiri. Disaat seperti itu seharusnya kita melihat diri kita sendiri, apakah kita selama ini sudah belajar ? apakah proses belajar kita sudah benar ? apakah kita hanya bermalas-malasan dan bergantung pada takdir ?

Dengan mengerti akan kemampuan diri kita, mari kita bangun agar menghindari perbuatan-perbuatan curang seperti mencontek. Kalau kita merasa masih banyak yang kurang di dalam pemahaman materi, belajar lah yang lebih giat, sempatkan di setiap waktu luang untuk belajar agar tingkat kecerdasan intelektual menjadi semakin terasah dan mantap dalam menghadapi ujian. 

Setelah proses yang kita lakukan dirasa benar dan setiap kegiatan yang kita lakukan menambah kemampuan kita khususnya dalam hal menjawab soal, jangan malu untuk berbagi ilmu dengan teman-teman kita. Jangan mudah terprovokasi dengan emosi dalam diri, ingat berbagi itu indah, jangan marah apabila ada teman yang bertanya. Terlebih jika teman ada bertanya, secara otomatis akan membuat kita semakin terasah dan membuat kita semakin mudah dalam memecahkan suatu soal. Yang terakhir adalah menyerahkan semua usaha kita kepada sang pencipta. Yakinlah dalam diri kita dengan usaha kita sendiri akan berbuah hasil. 

Ingat, yang baik akan dibalas dengan kebaikan, tanpa terkecuali. Jangan mudah menyerah dan putus asa. Jangan hanya mengejar nilai akademik namun nilai kehidupan di abaikan. Berikan yang terbaik. Dan ingat IQ, EQ dan SQ merupakan poin-poin terpenting untuk menghadapi segala bentuk ujian didalam hidup kalian terutama saat masa pendidikan.


Sumber :
Anonim, 2013. Pengertian IQ, EQ Dan SQ. (http://informasilive.blogspot.com/2013/05/pengertian-iq-eq-dan-sq.html dikutip pada tanggal 28 Desember 2013 pukul 23.47).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar