Horizontal menu

Jumat, 31 Agustus 2012

Phobia!!



Yah bulan puasa memang membawa berkah, selain berkah kita dalam berpuasa, pada bulan ramadhan ini juga kita mendapat berkah lain. buat yang beruntung, mereka yang bekerja biasanya jam kerjanya dipangkas dari jam kerja normal. Sementara yang kurang beruntung mereka akan tetap bekerja seperti mestinya.

Buat mereka yang sekolah bulan puasa merupakan berkah yang sangat berkah. Bagaimana tidak, mereka biasanya dikasih libur sampai 1 bulan lamanya, ya emang sih tergantung dinas pendidika setempat. Tapi bulan puasa itu jauh lebih banyak loh liburnya, beneran. 

Biasanya sih kalo orang pinter, mereka akan mengisi waktunya dengan belajar atau menjawab soal-soal. Biar pas udah masuk sekolah mereka punya bekal lebih untuk menundukkan soal-soal yang dikasih sama guru. Kalo yang alim, mereka biasanya mengisi hari libur puasa dengan banyak banyak tadarus, banyak-banyak melakukan kegiatan ibadah. Sementara bagi yang rajin, mereka akan mengisi liburannya dengan membantu orang tua mereka. 

Nah kalo misalkan mereka itu gak terlalu rajin, gak terlalu alim dan gak terlalu pinter gimana dong ? jawabannya adalah bingung. Ya mereka yang setengah-setegah tadi akan bingung melakukan apa, sebentar sebentar belajar, sebentar- sebentar bantu orang tua, dan ujung-ujungnya mereka akan diam gak tau harus ngapain.

Contoh sederhananya adalah diri aku sendiri. Liburan itu menyenangkan, tapi kalo gak ada yang dikerjain hampa banget rasanya. ujung-ujungnya nulis blog kayak sekarang.

Ngomongin masalah sekolah tuh jadi inget ada temen sekelas aku yang dulu takut banget sama yang namaya kucing. Hellooow kucing masa takut ? lucu kali, ya ngak ? jadi dia kalo ada kucing di kaki langsung teriak, bayangin gimana cewek keturunan arab dibelai sama kucing di kakinya. Alhasil teriakannya menggelegar, ada yang sampe nangis segala.


Bagi kebanyakan orang termasuk aku, kucing adalah binatang yang imut lucu. Tapi bagi mereka di luar sana yang takut sama kucing, kucing bisa jadi dajjal yang harus di takuti. Serem gak ?

Kadang berbagai alasan terlontar dari yang takut sama kucing. Mulai dari takut dicakar, takut dicakar (lagi) sampai takut di taksir kucing. Nah yang terakhir jangan di anggap. Takut atau phobia sesuatu itu bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satu yang paling utamanya karena ada sebuah peristiwa yang membuat dia takut disebabkan salah satu objek. Iroisnya setelah kejadian tersebut orang tersebut menjadi takut, menjauhi bahkan stres setiap kali melihat atau merasakan objek tersebut.

Contoh sederhana adalah orang yang sering dapat mimpi buruk. Lama kelamaan karena dia takut kalau tidur mendapat mimpi buruk , dia memutuskan untuk tidak tidur. Hal seperti ini bisa di kategorikan sebagai clinophobia atau takut akan tidur.

Coba anda search di google dan ketik keyword “macam-macam phobia”. Beberapa detik kemudian anda akan menemukan berbagai macam phobia. Bacalah dan anda akan tercengang dengan aneka macam phobia, mulai dari yang aneh sampai yang ngeri.


Menurut buku DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual for Mental Disorder IV) ada 3 jenis phobia, yaitu :

1.       Phobia Sederhana
Bisa disebut phobia terhadap suatu objek atau keadaan tertentu. Seperti pada binatang, tempat tertutup, ketinggian dan lain-lain.
2.       Phobia Sosial
Phobia terhadap pemaparan situasi sosial. Seperti takut jadi pusat perhatian. Orag seperti ini biasanya menjauhi tempat ramai.
3.       Phobia Kompleks
Phobia terhadap tempat atau situasi ramai dan terbuka. Misalnya dikendaraan umum atau mall. Orang seperti ini bisa saja takut keluar rumah.

Sebenarnya phobia itu dapat di hilangkan dengan berbagai cara :


1.       Saling Terbuka
Saling terbuka disini maksudnya adalah berbagi cerita dengan teman yang dirasa bisa menjaga rahasia. Dengan begitu beban anda akan sedikit hilang mengenai phobia.
2.       Terus Mencoba dan paksa!
Ada sebuah cerita nyata dari teman saya. Dia sejak kecil tidak bisa memakan sayur hijau atau sayur apa saja. Yang saya tahu hanya timun yang bisa dia makan. Sampai sekarag umurnya 18 tahun dia tetap tidak bisa memakan sayur. Alasannya kenapa ? dia tidak pernah mencoba. Setiap kali temannya menyuruh makan sayur dia tidak mau. Setiap kali ada sayur dia pinggirkan. Tetapi setelah saya Tanya “bagaimana jika calon mertua kamu masakin kamu sayur ?” lalu dia menjawab “terpaksa deh”.
Pernah gagal dalam tes masuk kuliah ? masih mau nyoba atau berhenti ? tau ahmad dhani kan ? seorang pencipta lagu sekaligus penyanyi ini dulunya bukan penyanyi. Namun karena berkat kegigihan dia dan keberanian dia dalam menciptakan lagu dan bernyanyi akhirnya dia bisa dilihat seperti sekarang.  Terus mencoba dan jangan menyerah.
3.       Kalahkan ketakutan anda, jadilah pemenang x)
Phobia sebenarnya hanya ketakutan anda. Jika anda berhasil mengalahkan ketakutan anda, tentu anda tidak akan lagi takut dengan apa-apa.
4.       Hipnotis
Mintalah teman anda yang jago hipnotis atau bawa ke tempat hipnoterapi agar menghipnotis dia dan memasukkan sugesti-sugesti positif. Hal ini juga sering bagi para perokok yang ingin insaf tetapi hasilnya nihil.

Doa teman-teman anda hanya sebagai motivasi agar berubah, selebihnya tinggal diri anda sendiri yang ingin berubah atau tidak




Disini aku cantumin 10 phobia aneh dan absurd versi yesitsazmi! 

Aphenphosmphobia/Haphephobia/Haptephobia = Takut Disentuh  (Untouchable banget, liat orang bawaannya bilang iuhhh)
Allodoxaphobia = Takut akan Pendapat =____=”
Athazagoraphobia = takut lupa, dilupakan (biasanya yang masih sayang sama mantannya, takut dilupain)
Caligynephobia = Takut wanita cantik (cowok macam apa ini (._. ) )
Chirophobia = Takut akan tangan (bayangkan setiap detiknya liat tangan mulu)
Hadephobia = Takut pada neraka (yaiyalah, semua orang juga =..=’)
Hippopotomonstrosesquippedaliophobia = Takut pada kata-kata yang panjang (y)
Numerophobia = Takut pada angka (tiap hari teriak-teriak liat angka denger angka)
Zelophobia = Takut cemburu (selalu cool biar pasangan sama orang lain, namanya aja takut cemburu )
Panophobia/Pantophobia = Takut semuanya (terserah deh, takut semua)

Sumber :
www.wap.mypulau.com/blogs/2923100/843399/pengertian-macam2-cara-mengatasi
free-press-release.com
rosarubicondior.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar